Sejarah Desa

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Tertulis / terdengar cerita daerah pedesaan yang subur, tumbuhan yang menghijau, di atas tanah yang datar di tumbuhi pohon dan semak yang masih lebat, hiduplah sekelompok masyarakat rukun dan damai meskipun penduduk-penduduk dalam kehidupan prinitif. Inilah sekarang Desa “ Gunung Besar ” orang menyebutnya. Dan 5 Km kearah selatan dari kota Simpang Empat. Konon desa Teluk Baku merupakan pemekaran dari desa Sungai Dua dan sampai saat ini letaknya berada di sebelah utara dari desa.

Desa Teluk Baku, lama – kelamaan menjadi ramai dengan adanya pendatang yang ingin menetap dan tinggal di desa itu. Tak kalah lagi desa Teluk baku sudah terkenal di kalangan penduduk atau desa sekitar bahkan terdengar sampai keluar kota kabupaten. Konon cerita di desa ini .

 

Gunung Besar yang dulunya bernama Desa Teluk Baku atau yang lebih kenal disapa masyarakat sebagai Sungai Kacil merupakan sebuah Desa yang mana pada tahun 1993 terrgoping atau digabung menjadi satu Desa dengan Desa Sungai Dua. Yang mana pada saat itu dikarenakan oleh factor jumlah penduduk, seiring kurun waktu ke waktu yang dating dan masuknya perubahan penduduk di segala penjuru /pelosok wilayah daerah serta desa/dusun, dengan perkembangan jaman dan perubahan era globalisasi dunia sesuai dengan Otonomi Daerah. Dan oleh karena adanya perubahan penduduk yang datang merupakan bakal lahirnya perubahan Desa baru yang sekarang berubah nama menjadi Desa Persiapan Gunung Besar. Desa Persiapan Gunung Besar adalah pemakaran dari Desa Sungai Dua (Desa Induk) sebenarnya merupakan pengembalian status Desa Teluk baku/Sungai Kacil.

 

Sejarah perjuangan dari pemakaran Desa Persiapan Gunung Besar yang di prakarsai para Tokoh-tokoh masyarakat, akhirnya disepakati oleh Bapak Bupati Tanah Bumbu dr.Zairullah Azhar, Msc pada tanggal 11 April 2007 sekaligus pelantikan Kepala Desa Persiapan yang baru yaitu Bapak M. Yamani .S dan atas prakarsa Bapak Bupati Tanah Bumbu pula Desa Sungai Kacil yang dulu berubah nama menjadi Desa Gunung Besar.

 

Sejak saat itu Desa Persiapan Gunung Besar semakin di pacu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan menggerakkan roda-roda pembangunan serta partisifasi masyarakat yang cukup tinggi, meskipun dalam menjalankan/mengemban suatu amanah dari masyarakat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi Pemerintahan Desa akan sekuat dan semampu mungkin dalam membangun Pembangunan diDesa Gunung Besar. Dengan harapan Desa Persiapan Gunung Besar mampu Berkembang dan Tumbuh menjadi Desa yang Mandiri, Aman, Tentram, Damai dan Sejahtera.

Dengan demikian, terang benderanglah desa GUNUNG BESAR di era modern. Dan menjadi Desa Definitif tahun 2011 dan dilakukan Pesta Demokrasi Rakyat dengan Pemilihan Kepala Desa ,terpilih lah kembali salah satu Putra Asli  Desa Gunung Besar yang bernama Bapak M.YAMANI S. Tahun 2012 diadakan pelantikan Kepada Kepala Desa terpilih ,yang dilantik oleh Bapak Putra Daerah Tanah Bumbu MARDANI.HM hingga masa Jabatan 2012-2017.