Kegiatan Peduli Kesehatan Dari Puskesmas Yang Sangat Membantu Masyarakat

(18/02/2020) GUNUNG BESAR – Kini penyuluhan serta pelayanan dari pemerintah khususnya di bidang kesehatan sudah mulai semakin membaik, kepedulian akan kesehatan warga dan masyarakat kini terus bertambah pesat, bukan hanya dikota kota besar saja namun sudah merambat hingga ke kota yang kecil.

              Pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan dapat dimulai sejak dini melalui berbagai bentuk aplikasi karya dan bakti berupa penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis secara sederhana. Pemeriksaan yang paling mudah dilakukan yaitu berupa pemeriksaan tekanan darah dan kadar glukosa dalam darah.
              Sejalan dengan pernyataan Joyce LeeFever (2007) bahwa kondisi kesehatan seseorang dapat ditentukan oleh kadar glukosa darah yang stabil. Glukosa darah adalah gula yang terdapat dalam darah yang terbentuk dari karbohidrat dalam makanan dan disimpan sebagai glikogen di hati dan otot rangka. Nilai rujukan untuk glukosa darah puasa dalam serum/plasma adalah 70-115 mg/dl pada orang dewasa, sedangkan untuk glukosa darah postprandial adalah < 140 mg/dl pada orang dewasa ( Joyce LeeFever, 2007 ). Pemerintah saat ini sedang berusaha meningkatkan motivasi dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatannya melalui program-program yang signifikan seperti penyuluhan cek kesehatan dan pengobatan gratis.
              Begitu juga yang terjadi di Desa Gunung Besar, Tanah Bumbu. Penyuluhan kesehatan di lakukan oleh Puskesmas secara bertahap di setiap Rt dimana di Desa Gunung Besar ini terdapat sekitar 10 Rt. Penyuluhan pun bukan sekedar penyuluhan, pihak Puskesmas juga menyediakan pengecekan kadar kolesterol, kadar gula, tensi, cek darah, dan sebagainya, ditambah dengan pengobatannya yang tentu saja tidak dipungut biaya.
              Hal ini tentu saja akan sangat mengapresiasi masyarakat khususnya di bidang kesehatan sehingga masyarakat merasa pemerintah kini semakin peduli dengan masyarakat meskipun dengan keadaan hidup yang sederhana.
              Manfaat dari adanya kegiatan ini juga sangat signifikan diantaranya, meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pemeriksaan kesehatan berupa cek gula darah dan tekanan darah, memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya para lansia tentang pentingnya kesadaran untuk melakukan pemeriksaan secara rutin, dan meningkatkan wawasan masyarakat terutama di bidang kesehatan melalui penyuluhan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *